Makanan Tradisional : Kue Adrem

Senin Legi, 14 September 2015 11:44 WIB ∼ 2700

Foto Berita

Kue Adrem.

Anda salah satu penggemar kue adrem? Jika anda penggemar kulliner, sebaiknya anda mencoba kue tradional dari Bantul ini. Adrem yang rasanya manis ini terbuat dari campuran tepung beras dengan gula jawa. Warnanya merah kecoklatan dengan bentuknya yang cukup unik. Kue ini biasa dimakan sebagai teman minum the.

Kue tradisional ini mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional, atau sebagai suguhan pada acara atau hajatan. Ke depan, kue ini akan terus dikembangan sebagai salah satu produk unggulan daerah. Para pembuat kue adrem yang di Sanden banyak dijumpai di Desa Murtigading, beberapa waktu yang lalu sudah dilatih oleh pemerintah agar produksi semakin menarik dan digemari masyarakat.

Bagaiamana cara membuat kue adrem? Cara dan bahan pembuatan  kue adrem sangat sederhana dan mudah. Bahan utamanya adalah tepung beras, kelapa parut dan gula merah atau gula jawa. Campuran tepung beras dengan kelapa parut kemudian dicampur kembali dengan gula merah yang sudah dilelehkan.

Adonan kemudian ditumbuk sampai legit lalu dicetak. Dibentuk bulatan kecil-kecil seperti bakso lalu  dipipihkan di atas daun pisang, kemudian digoreng. hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Yang unik dari kue adrem adalah bentuk lekukan pada kue yang dibuat dengan cara dijapit dengan bilah bambu saat masih di atas wajan . 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435