Hasil Workshop Penyusunan dan Penerapan Standart Pelayanan (SP) Publik.

Rabu Pon, 14 Maret 2018 09:12 WIB ∼ 203

  1. Pemateri ada 2 yaitu dari Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB dan Pemerintah Kabupaten bantul
  2. Materi dari Deputi Kemenpan RB meliputi :
    1. Latar belakang perlunya Standar Pelayanan (SP) a.l :
      • Tuntutan aspirasi masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan
      • Memberikan pemahaman dan persepsi yang sama bagi penyelenggara, masyarakat dan penyelenggara pelayanan
      • Perlu adanya Standart Pelayanan
    2. Tujuan standar Pelayanan (SP) yaitu :

Memberikan kepastian, meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan selaras dengan kemampuan penyelenggara sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat

  1. Sasaran Standar Pelayanan (SP), yaitu :

Setiap penyelenggara mampu menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan Publik dengan baik dan konsisten

  1. Prinsip Standar Pelayanan (SP) yaitu : Sederhana, Partisipasif, Akuntabel, Berkelanjutan, Transparansi, keadilan
  2. Komponen Standar Pelayanan (SP) ada 14 Komponen yang wajib dituliskan dalam SP a.l :
  1. Persyaratan
  2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  3. Jangka Waktu Pelayanan
  4. Biaya/Tarif
  5. Produk Pelayanan
  6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
  7. Dasar Hukum
  8. Sarana prasarana/ fasilitas
  9. Kompetensi pelaksana
  10. Pengawasan Internal
  11. Jumlah pelaksanan
  12. Jaminan pelayanan
  13. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
  14. Evaluasi kinerja pelayanan

 

  1. Siklus Penyusunan Standar Pelayanan (SP), yaitu :
  1. Penyusunan rancangan SP
  2. Pembahasan Rancangan SP dengan masyarakat
  3. Penetapan SP
  4. Penerapan SP
  5. Penetapan dan Penerapan Maklumat Pelayanan
  6. Monitoring dan Evaluasi

 

  1. Materi dari Pemerintah Bantul dengan tema Profil Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul, antara lain :
    1. Ringkasan Eksekutif Hasil Penilaian dan Kompentensi Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan dan Kompetensi Penyelenggara Pelayanansesuai Undang-Undang no.25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik oleh ORI (Ombudsmen Republik Indonesia Kabupaten Bantul masuk ZONA KUNING,
    2. Indikator sasaran Reformasi Birokrasi, meliputi :
  1. Sasaran Reformasi Birokrasi, yaitu :

Birokrasi yang memiliki Pelayanan Publik berkualitas,

  1. Ukuran kualitatif/kuantitatif yaitu :
    • Survey kepuasan masyarakat
    • Integritas Pelayanan
    • Tingkat kepatuhan terhadap Standar Pelayanan
    • Indikator lain yang relevan dan dimiliki oeh Pemerintah Daerah
  2. Goal Indikator Sasaran Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Bantul adalah sbb :
  3. Indikator 2018 2019 2020 2021 2022
    Tingkat Kepatuhan terhadap standar pelayanan Zona Kuning Zona Hijau Zona Hijau Zona Hijau Zona Hijau
             
             
  4. Perda Kabupaten Bantul nomor 02 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik, yang inti pokoknyapada pasal 29, 30 dan 32

Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435