Sanden Deklarasikan STOP BAB Sembarang Tempat

Jumat Pahing, 23 Januari 2015 11:46 WIB ∼ 618

Foto Berita

Camat Sanden, Drs. Fatoni sedang menandatangani Deklarasi STOP BAB di Sembarang Tempat

Kecamatan Sanden bertekad menghilangkan kebiasaan BAB (Buang Air Besar) di sembarang tempat. Tekad tersebut diikrarkan dalam Deklrasi STOP BAB di sembarang tempat, Jumat (23/1) di halaman Kantor Kecamatan Sanden. Ikrar dipimpin oleh Camat Sanden, Drs. Fatoni, diikuti oleh lurah dan pamong desa se-Kecamatan Sanden. Hadir dalam kesempatan itu, anggota DPRD Kabupaten Bantul, Drs. Saji, Muspika Kecamatan Sanden, dan pejabat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

“Perilaku Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat merupakan perbuatan tercela. Perbuatan tersebut tidak hanya merugikan bagi pelakunya tetapi juga bagi orang lain”. Demikian antara lain bunyi Deklarasi STOP BAB (Buang Air Besar) di sembarang tempat itu.

Camat Sanden, Drs. Fatoni dalam sambutannya meminta kepada pomong desa untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang masih melakukan BAB di sembarang tempat.

“Kalau masih ditemukan, hendaknya dievaluasi apakah penyebab BAB di sembarang tempat itu. Apakah karena memang belum tersedia MCK atau karena budaya masyarakatnya. Karena ada sebagian masyarakat yang merasa lebih nyaman kalau BAB di sungai”, kata Fatoni.

Sementara itu, Anang Kuswara, M.KM.dari Dinas Kesehatan Bantul mengatakan bahwa saat ini sudah ada 33 desa yang mendeklarasikan Perilaku Hidup Bersihh Sehat (PHBS) dengan STOP BAB di sembarang tempat.

“Dengan deklarasi ini berarti bertambah menjadi 37 desa dari 75 desa se-Kabupaten Bantul yang sudah mendeklrasikan STOP BAB”, kata Anang.


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435