Lahan Pasir Cocok untuk Ubi Jalar

Jumat Pahing, 27 Februari 2015 09:39 WIB ∼ 1603

Foto Berita

Kepala Dipertahut Kabupaten Bantul, Partogi Dame Pakpahan bersama para petani di lahan pasir Soge, Srigading, Sanden.

Lahan pasir di pesisir pantai selatan Kabupaten Bantul ternyata potensial untuk berbagai jenis tanaman palawija, termasuk untuk tanaman ubi jalar. Kelompok Tani Pasir Makmur, yang diketuai Sumarno berhasil membudidayakan ubi jalar di lahan pasir Soge, Srigading, Sanden, Bantul.

Lahan yang berdekatan dengan pantai tersebut biasanya ditanami lombok. Kelompok Tani Pasir Makmur lalu berinisiatif menanami lahan seluas 4 Ha tersebut dengan ubi jalar. Pengadaan benih dan pupuk dibantu oleh Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul. Untuk panen perdana ini hasilnya sudah cukup memuaskan.

"Setiap hektarnya mampu menghasilkan 16 ton. Cukup memuaskan dan menggembirakan para petani. Ubi jalar yang ditanam antara lain ubi ungu, ubi madu dan ubi putih," kata Camat Sanden, Drs. Fatoni.

Fatoni menambahkan, jika ke depan dilakukan penataan di kawasan itu, para petani meminta agar tetap difungsikan untuk lahan budi daya pertanian. Saat ini ubi jalar sangat diminati oleh masyarakat. Bagi Kecamatan Sanden, keberadaan ubi jalar penting untuk mendukung program OVOP (One Vilage One Product) yang mengangkat produk olahan dari ubi jalar. Selain di Desa Srigading, di Desa Gadingsari juga telah dialokasikan lahan seluar 4 Ha untuk penanaman ubi jalar.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, Partogi Dame Pakpahan yang melakukan panen perdana beberapa waktu yang lalu, mengajak para petani untuk terus melakukan budi daya pertanian. Termasuk di lahan pantai di pesisir selatan Kabupaten Bantul.


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435