Ketika Sampah Menyantuni Orang yang Tidak Mampu

Selasa Pon, 10 Maret 2015 09:28 WIB ∼ 612

Foto Berita

Ketika Sampah Menyantuni Orang yang Tidak Mampu

Adalah Harjiman, seorang TKSK (Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan) Kecamatan Sanden. Pria yang aktif bergerak di bidang sosial itu berhasil menggerakan pemuda  di sekitarnya untuk melestarikan lingkungan melalui pengelolaan sampah. Sampah yang awalnya hanya dibakar atau dibuang  begitu saja kini mempunya nilai lebih.  

“Kami mengelola sampah itu. Seacar berkala kami mengambil sampah dari masyarakat, memilah-milahnya lalu dijual ke pengepul. Hasil penjualan sampah itu digunakan untuk menyantuni warga masyarakat yang kurang mampu,” kata Harjiman yang tahun lalu terpilih sebagai TKSK terbaik di Kabuaten Bantul.

Kiprah para pemuda yang sadar lingkungan itu tergabung dalam sebuah wadah, yaitu WKSBM ( Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat) yang bernama Sejahtera. Para pemuda yang bergabung di WKSBM Sejahtera ini bekerja secara suka rela atau tidak mendapatkan imbalan.  Mereka sudah cukup senang jika masyarakat di Nanggulan, Gadingsari, Sanden, Bantul ini mempunyai kesadaran dalam pengelolaan sampah.

“Kami rela tidak dibayar. Masyarakat sudah sadar untuk  mengumpulkan sampah saja , kami sudah cukup senang,” kata Harjiman.

WKSBM Sejahtera  baru berdiri tahun 2014 lalu. Awal berdirinya mendapatkan bantuan opersional dari pemerintah. Walaupun   belum begitu lama, tetapi kiprah organisasi telah dirasakan oleh masyarakat sekitarnya. Selain menghasilkan uang dari hasil penjualan sampah dan digunakan untuk menyantuni masyarakat yang tidak mampu,  kegiatan para pemuda ini jelas merupakan investasi yang sangat berharga untuk menyelamatkan alam.   

 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435