Manipulasi Data Kependudukan Didenda Rp 75 juta

Kamis Pahing, 19 Maret 2015 11:53 WIB ∼ 946

Foto Berita

Nara sumber Sosialisai Administrasi Kependudukan, Kepala Dispendukcapil, Camat Sanden dan Anggota DPRD Kab. Bantul

Sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun  2013 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap orang yang memerintahkan atau memfasilitasi  atau melakukan manipulasi data kependudukan  atau elemen data penduduk, dipidana dengan penjara paling lama 6 tahun atau denda maksimal Rp 75 juta. Demikian dikatakan oleh anngota Komisi A DPRD Kabupaten Bantul, Saji, dalam acara Sosialisasi Administrasi Kependudukan, Selasa (17/3) di Pendopo Kecamatan Sanden.

"Ancaman denda dan hukuman sebesar itu  juga ditujukan kepada setiap pejabat dan petugas  pada desa atau kelurahan, kecamatan, UPTD dan instansi pelaksana," kata Saji.

Salah satu perubahan yang mendasar pada Undang-Undang terebut, kata Saji, adalah pelayanan kependudukan yang bersifat stelsef aktif. Artinya, jika dulu yang diwajibkan aktif adalah penduduk, sekarang pemerintah yang diharapkan melalui jemput bola. Contohnya, jika ada penduduk yang meninggal dunia, RT diwajibkan melaporkan secara berjenjang melalui RW, desa dan kecamatan.

"Undang-Undang tersebut juga memudahkan masyarakat dalam pengurusan Akta Pencatatan Sipil. Semula pencatatan perisitiwa penting, misalnya kelahiran atau kematian dilakukan di tempat terjadinya peristiwa itu, sekarang diterbitkan di tempat domisili penduduk," tambah Saji.

Sementara itu Camat Sanden, Drs. Fatoni mengatakan, salah satu yang menjadi keluhan masyarakat adalah banyaknya warga yang KTP Elektroniknya belum jadi.

"Banyak yang mengeluh, sudah melakukan perekaman cukup lama tetapi sampai sekarang KTP  Elektronik tersebut belum jadi," kata Fatoni.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, diikuti oleh para dukuh di Kecamatan Sanden.  

 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435