Pantai Gua Cemara, Kawasan Konservasi Penyu

Rabu Legi, 22 April 2015 11:52 WIB ∼ 789

Foto Berita

Baliho Tata Letak Kawasan Konservasi Pantai Gua Cemara.

Selain sebagai tempat wisata yang menawarkan kerimbunan pohon cemara, Pantai Gua Cemara juga sebagai kawasan konservasi penyu. Di pantai yang terletak kurang lebih 15 km sebelah barat Pantai Parangtritis ini telah ditetapkan sebagai tempat konservasi penyu. Jika tidak dilindungi,  binatang melata ini terancam perkembangannya, baik karena binatang pemangsa maupun karena ulah manusia. Di pantai ini telah terbentuk Kelompok Mina Raharja dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan nelayan yang telah menyepakati zonasi khusus pendaratan penyu, yaitu seluas 500 m2.   

Agar pengunjung pantai gua cemara tahu, saat ini telah dipasang baliho cukup besar di pintu masak obyke wisata ini. Baliho tersebut merupakan sumbangan dari KKN Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yang mempunyai kepedulian terhadap keberlangsungan habitat penyu di pesisir selatan.

Selain menerangkan tentang pemanfaatan pantai itu untuk kawasankonservasi penyu, baliho tersebut  juga menjelaskan tentang rencana tata letak Pantai Gua Cemara. Sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul, di Pantai Gua Cemara ini  juga dikembangkan untuk out bond, panggung kesenian, kolam renang, kios sea food, kios hasil bumi, agro politan, dan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435