Varietas Biru dan Soponyono Cocok di Lahan Pasir

Rabu Wage, 15 April 2015 09:40 WIB ∼ 833

Foto Berita

Lahan pasir yang ditanami ubi jalar di Srigading, Sanden.

Ubi jalar varietas Biru dan Soponyono ternyata cocok ditanam di lahan pasir. Hasil ubinan ubi jalar di Patihan, Gadingsari, Sanden  mencapai 12,5 kg/ ubinan. Atau dengan kata lain produktifitasnya mencapai 20 ton per hektar. Demikian dikatakan oleh THL Pertanian Kecamatan Sanden, Tejo Kumolo, S.P.

"Penanaman tersebut dilakukan oleh Kelompok Tani Raharjo, merupakan program Sekolah Lapangan dari Dinas Pertanian Propinsi DIY," kata Tejo.

Tidak hanya di Patihan, Gadingsari, penanaman ubi jalar juga dilakukan di Tegalrejo, Srigading, Sanden.  Hasil ubinan yang disaksikan oleh Camat Sanden, Drs. Fatoni juga menunjukkan hasil yang memuaskan.  Hasil ubinan mencapai 13,1 kg/ubinan atau produktifitasnya mencapai 20,9 ton per hektar.

"Sampai saat ini peluang pasar ubi jalar masih terbuka lebar. Tidak ada kesulitan bagi petani dalam memasarkan ubi jalar. Para pedagang di Pantai Gua Cemara kebanyakan juga menjual ubi jalar dan selalu diminati pengunjung," tambah Tejo.

Ke depan, ubi jalar di Kecamatan Sanden diharapakan bisa menjadi ciri khas dan penjadi produk unggulan. Untuk meningkatkan nilai jual, akan dikembangkan usaha-usaha pengolahan ubi jalar tersebut menjadi berbagai produk yang lebih menarik konsumen.


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435