Camat Sanden : " Perlu Pendelegasian Kewenangan Perizinan"

Kamis Legi, 7 Mei 2015 09:02 WIB ∼ 556

Foto Berita

Kepala Puskesmas Sanden, dr. Endar Widyastuti sedanmg menyampaikan paparan pada kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat.

Salah satu bentuk peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat adalah perlunya pendelegasian kewenangan perizinan kepada kecamatan. MIsalnya dalam pengurusan izin usaha skala kecil, tidak usah mengurus perizinan sampai di kabupaten, cukup sampai di kecamatan. Demikian dikatakan oleh Camat Sanden, Drs. Fatoni dalam paparannya pada acara Survey Kepuasan Masyarakat, Rabu (6/5) di Kecamatan Sanden.

"Beberapa daerah sudah mulai mendelegasikan kewenangan perizinan kepada kecamatan. Sehingga untuk mengurus perizinan tertentu, masyarakat tidak perlu sampai ke kabupaten. Sampai saat ini Kabupaten Bantul belum melakukan itu,  kecamatan baru sebatas mengeluarkan rekomendasi," kata Fatoni.

Survey Kepuasan Masyarakat tersebut dilakukan oleh Bagian Organisasi Pemerintah Kabupaten Bantul, Pada kegiatan tersebut, Kecamatan Sanden dan Puskesmas merupakan dua instansi yang menjadi obyek survey. Muspika, lurah, sekolah, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya diundang pada kesempatan tersebut untuk dimintai masukan berkaitan dengan pelayanan yang telah dilakukan oleh kecamatan dan Puskesmas selama ini.

"Masukan yang disampaikan bukan cek kosong. Artinya, tidak akan dibiarkan begitu saja tetapi akan ditindaklanjuti dan nanti akan dibuat sebuah Pakta Integritas. Pakta integritas adalah janji peningkatan pelayanan yang akan ditindaklanjuti berkaitan dengan masukan yang telah diberikan," kata Sigit Widodo, S.H, Kepala Bagian Organisasi Pemerintah Kabupaten Bantul.

Selain paparan Camat Sanden, pada kesempatan tersebut juga dipaparkan berbagai bentuk pelayanan kesehatan yang telah dilakukan oleh Puskesmas Sanden.

"Puskesmas Kecamatan Sanden mempunyai visi "Puskesmas Pilihan dan Kebanggaan Masyarakat". Dengan visi tersebut kami berusaha memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat," kata dr. Endar Widyastuti, Kepala Puskesmas Sanden. 

 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435