"Raja", Peraih Lansia Idol

Kamis Legi, 7 Mei 2015 11:15 WIB ∼ 679

Foto Berita

Paijan dengan pakaian kebesaran seorang raja.

Paijan atau Budi Winarno bisa jadi apa saja. Ia bisa jadi Ketua Kader Kesehatan Lingkungan. Saat yang lain ia sebagai Ketua P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air), atau jadi Ketua Bidang Kesenian di dusunnya. Dalam kesempatan lain, ia bahkan bisa menjadi "raja" dengan pakaian kebesarannya. Raja yang membawahi kerajaan, punya patih dan prajurit yang mumpuni. 

Ya, itulah Paijan, lansia yang aktif dalamberbagai kegiatan, termasuk dalam ketoprak lansia. Postur dan wajahnya cocok untuk menjadi seorang raja. Itulah Paijan atau Budi Winarno yang tahun ini keluar sebagai pemenang dalam Lomba Lansia Idol Tingkat Kabupaten Bantul.

Paijan, pria beranak tiga, yang tinggal di Ceme, Srigading, Sanden ini lahir 73 tahun lalu, tepatnya tanggal 13 Desember 1942.  Muungkin ia tak menyangka akan menang dalam lomba itu. Apa yang dilakukannya, berbagai kegiatan  yang digelutinya adalah kebiasaannya yang sudah lama dilakukan. 

"Banyak kriteria yang dinilai dalam lomba ini. Misalnya dalam keikutsertaan KB. Sejak menjadi PUS (Pasangan Usia Subur) istri saya aktif mengikuti KB. Penilaian lainnya,  dalam aspek kesehatan. Alhamdulillah sampai saat ini saya masih sehat. BIsa berjalan sendiri tanpa tongkat atau bantuan orang lain. Saya juga aktif mengikuti senam lansia. Kadar gula dan tekanan darah saya juga normal," kata Paijan.

Suami Ginem ini memang potret lansia yang aktif. Dalam usia senjanya, ia tidak mau tinggal diam. Ia juga seorang yang taat beragama.  Selain tidak merepotkan anak istrinya, ia juga masih memberi manfaat pada lingkungan sekitarnya. Ia menggerakkan  para lansia di kampungnya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

"Alhamdulillah, para lansia yang tergabung dalam Bina Keluarga Lansia (BKL) masih bisa aktif diajak untuk berbagai kegiatan, termasuk dalam menjaga kebersiahan lingkungan," tambah Paijan, yang anak perempuannya, Sumarsih, menjadi Kepala Dukuh Gedongan, Srigading, Sanden, Bantul.

 

 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435