Pertumbuhan Pantai Selatan Perlu Diarahkan

Jumat Pahing, 25 September 2015 12:01 WIB ∼ 845

Foto Berita

Baliho di pintu masuk Pantai Gua Cemara. Saat ini sedang disusun RDTR dan P Zonasi pesisir selatan Kabupaten Bantul.

Kawasan Pantai selatan Kabupaten Bantul saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Jika dulu pantai selatanidentik dengan Pantai Parangtritis, sekarang banyak pantai baru yang tidak kalah menarik. Pantai Depok di Kretek, Gua Cemara di Sanden, Pantai Baru di Srandakan dan pantai lainnya, tidak kalahmenarik dengan Pantai Parangtritis. Wisatawan yang berkunjung ke pantai-pantai tersebut semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Jika dahulu, pesisir selatan identik dengan pantai, dalam perekambangannya, banyak potensi lain yang berkembang di wliayah ini. Banyak pihak yang tertarik mengembangkan kawasan selatan yang memanjang sepanjang 13 km dari Srandakan sampai Kretek. 

Beberapa waktu lalu di Kecamatan Sanden diselenggarakan FGD tentang RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) dan Pengaturan Zonasi (P. Zonasi) kawasan Pantai Selatan.

"FGD tersebut dalam rangka penyusunan RDTR dan P Zonasi di pesisir Selatan. Perkembangan kawasan pesisir selatan yang begitu pesat perlu dikendalikan dan diarahkan agar tidak terjadi  benturan kepentingan," kata Wijaya Tunggali, St, M.Si, Kasi Trantib Kecamatan Sanden.

RDTR dan P Zonasi ini nantinya akan memberikan arahan penataan fungsi/aktifasi, penataan insfratruktur, pengaturan zonasi, pemgurangan risiko bencana dan terciptanya keserasian dan keseimbangan lingkungan dalam suatu kawasan.

FGD ini diiukti oleh 11 desa dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatn Kretek, Sanden dan Srandakan.  


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435