Mbah Jawani : "Wong Tuwa Koq Klithihan Nang Sawah"

Jumat Pahing, 30 Oktober 2015 10:57 WIB ∼ 783

Foto Berita

Mbah Jawani mengisi pengajian Jumat pagi di pendapa Kecamatan Sanden.

Seseoang yang telah memasuki masa pensiun atau menjadi orang tua seharusnya memanfaatkan waktunya untuk beribadah kepada Alloh. Mencari amal sebanyak-banyaknya untuk bekal di akherat nanti. Namun tak jarang, ada orang tua yang kurang paham hal tersebut, seperti yang dikatakan oleh Mbah Jawani pada pengajian Jumat pagi di pendapa Kecamatan Sanden, pagi tadi.

"Saya bertemu pensiunan. Perutnya gendhut sekali. Saya tanya, pasti pekerjaannya cuma makan dan tidur ya. Tidak, jawabnya. Kalau malam saya ke sawah. Saya tanya, la, klithihan nang sawah ki ngapa?Kalau tiba-tiba mak ek, kan jadi terkenal. Coba kalau klithihannya ke masjid, baru mau ambil wudhu, terus mak ek. Juga terkenal tapi 'kan terkenal baik," ujar Mbah Jawani, ulama terkenal di Kecamatan Sanden.

Maksud Mbah Jawani, klithihan adalah pergi atau jalan jalan yang tidak jelas tujuannya. Klthihan terus mak ek, maksudnya meninggal. Itulah gaya Mbah Jawani dalam menyampaikan ceramah. Sederhana tapi mengena dan membuat pendengarnya tidak mengantuk.

Di sisi lain, Mbah Jawani juga menegaskan bahwa sholat yang baik akan mencegah seseorang dari perbuatan munkar. " Setelah ada adzan harus segera mengambil air wudhu. Ini menjadi tantangan berat, misalnya bagi yang sedang di sawah. Nanggung," ujar Mbah Jawani.   


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435