Tri Mulyadi Pilih Jadi Nelayan dengan Penghasilan 500 Ribu Rupiah Sehari

Jumat Legi, 9 Oktober 2015 11:15 WIB ∼ 745

Foto Berita

Perahu nelayan di Pantai Samas, Srigading, Sanden, Bantul.

Budaya nelayan pelan-pelan mulai diakrabi oleh masyarakat Sanden. Kalau dulu sebagain besar masyarakat  Sanden bermata pencaharian sebagai petani, sekarang sudah banyak yang menjadi nelayan. Tri Mulyadi misalnya, penduduk Samas, Srigading, Sanden sekarang mantap berprofesi sebagai nelayan.

"Dulu sehabis lulus sekolah saya bekerja di bengkel. Tetapi sepettinya kurang menjanjikan. Lalu saya beralih menjadi nelayan. Sekarang saya punya tiga perahu," ujar pria lulusan STM itu.

Pilihan laki-laki berusia 29 tahun itu rupanya tak salah. Nelayan dan laut menjanjikan harapan yang lebiih besar. "Jika sedang musim ikan bawal, penghasilan saya bisa sampai RP 500 ribu sehari," kataya. Jika dikalkulasi, saat musim ikan bawal, dia bisa mengantongi uang sebanyak 15 juta rupiah sebulan. Jauh lebihi besar daripada gaji seorang PNS. 

"Biasanya jika sudah turun hujan ikannya melimpah. Jadi sekitar bulan September sampai Desember. Saat ini belum turun hujan, jadi ikannya masih sedikit," kata pria yang dulu pernah aktif sebagai Tim SAR di pantai selatan itu.

JIka di musim hujan ikan melimpah, sebaliknya pada bulan Januari sampai Mei, ikannya sedikit. Sedangkan pada bulan Juli-Agustus nelayan susah menangkap ikan karena ombaknya besar.

Ke mana Tri Mulyadi menjual ikannya? "Sudah ada Tempat Pelelangan Ikan di sana. Jadi kami tidak kesulitan memasarkan ikan." 

Tri Mulyadi dan banyak nelayan yang lain biasa menangkap ikan di Pantai Samas. Nelayan di pantai yang dulu terkenal itu adalah penduduk asli Bantul. Berbeda dengan nelayan di Pantai Depok yang sebagian besar berasal dari Cilacap.

 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435