Penyadap Liar Langsung Diadili

Senin Legi, 23 November 2015 11:28 WIB ∼ 907

Foto Berita

Pintu Air Gejlig Pitu.

Musim hujan yang belum juga datang membuat debit air yang mengalir dari saluran Pijenan menyusut drastis. Kondisi demikian membuat pemakian air harus diatur agar setiap lahan persawahan yang memakai saluran Pijenan, baik Pijenan Kiri maupun Kanan mendapat suplai air yang merata. Sementara itu, penyadap air liar yang tertangkap basah langsung diadili dan dikenai sanksi sesuai Perda irigasi. Demikian salah hasil rapat Gabungan Petani Pemakai Air (GP3A) Pijenan Kiri, Sabtu, 21 November di rumah Dukuh Gokerten, Srigading.

Heri Puji Astuti, staf Ekbang Kecamatan Sanden yang hadir pada kegiatan tersebut menuturkan, pintu air Gejlik Pitu yang terdapat  tujuh pintu air dimanfaatkan oleh GP3A Pijenan Kanan dan Pijenan Kiri. Pijenan Kiri, adalah aliran air yang mengalir ke timur dan ke selatan. Meliputi petani di wilayah Sanden dan Kretek, sedangkan Pijejan Kanan, pintu air yang mengalir ke kanan. Mengaliri persawahan di Srandakan dan Sanden.

" Yang berhak membuka dan menutup pintu air adalah petugs yang berwenang. Bila ada kelebihan air, dialokasikan ke jatah desa berikutnya. Pintu air Pijenan Kiri akan dibuka mulai tanggal 24 November nanti," jelas Heri. 

 


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435