Varietas Inpari 23 Hasilkan 11 Ton/Ha

Senin Legi, 23 November 2015 14:41 WIB ∼ 2882

Foto Berita

PJ Lurah Desa Murtigading, Rudy Suharto, SIP, MM melakukan panen padi varietas Inpari 23 di Sanggrahan, Murtigading.

Varietas Inpari 23 memang luar biasa. JIka jenis padi lain rata-rata menghasilkan 7-8 ton/Ha, varietas ini mampu menghasilkan11 ton/Ha. Adalah Kelompok Tani Subur Makmur yang mengembangkan varitas ini di bulak Kabergan, Sanggrahan, Murtigading, Sanden, Bantul. Metode yang dipakai adalah tajarwo atau tanam jajar legowo. Suatu metode tanam yang berbeda dengan metode konvensional.

"Tajarwo itu memungkian tumbuhan padi  berkembang lebih baik. Pada setiap beberapa baris diberi jarak atau sela, sehingga tidak terlalu rapat seperti cara tanam padi jaman dulu," kata PJ Lurah Desa Murtigading, Rudy Suharto, SIP, MM yang melakukan panen padi, pagi tadi.

Atas keberhsilan tersebut, Pemerintah Desa Murtigading akan mengalokasikan dana untuk membuat demplot percobaan seluas 1 hektar. Demplot itu akan ditanami padi varietas Inpari 23 dengan pupuk organik dan menggunakan metode Salibu. Metode ini memungkinkan penghematan dalam banyak hal. " Setelah padi dipanen, rumpunnya tinggal dirapikan lagi. Jadi tidak perlu tebar benih lagi, tidak perlu membajak lagi. Hemat pupuk pula. Salibu ini memungkinkan panen sampai lima kali tanpa menebar benih lagi," jelas Rudy.


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435