Masjid Prana Sakti Siap Sediakan Air Bersih bagi Warga yang Sumurnya Terkena Rob

Rabu Pon, 27 Juli 2016 11:37 WIB ∼ 658

Pedukuhan Ngepet, Srigading, Sanden adalah pedukuhan yang berbatsan langsung dengan pantai Samas?Pantai gading Mas. Akhir-akhir ini ketika air laut pasang/rob sampai menggenai lahan sawah/pekarang di pedukuhan tersebut. Akibatnya banyak sumur warga yang terkena rembesan air laut sehingga tidak layak untuk dikonsunsi lagi.

"Tercatat sebanyak 16 sumur warga yang rasanya asin. Memang tidak semuanya, hnaya 16 KK dari 54 KK yang ada di sana," kata Camat Sanden, Drs. Fatoni.

Beberapa warga selama ini terpaksa harus membeli air galon untuk kebutuhan masak dan minum. Menyikapi hal tersebut, Camat Sanden menggerakkan masjid yang ada di sana untuk melakukan fungsi sosial. adalah masjid Prana Sakti, yang kualitas air sumurnya masih bagus.

"Kami akan bekerja sama dengan takmir masjid, lurah dan RT untuk menyediakan air bersih. Dalam waktu dekat akan segera dibangun bak penampungan air di masjid tersebut. Warga yang air sumurnya terasa asin bisa mengambil air di sumur terebut," jelas Fatoni.

Bak penampungan di masjid Prana Sakti itu sebagai percontohan. Nantinya akan dikembangkan di tempat lain, agar masjid lebih banyak mempunyai fungsi sosial.


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435