Dandim Bantul Bajak Sawah Perdana untuk Tajarwo

Rabu Kliwon, 25 Januari 2017 12:02 WIB ∼ 648

Foto Berita

Danddim Bantul, Lektol (Inf) Agus Widodo dan Camat Sanden sehabis melakukan olah perdana lahan sawah untuk tajarwo.

Komandan Kodim 0279 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto Senin kemarin (23/1) terjun ke sawah dan melakukan olah tanah perdana dengan bajak di lahan sawah Desa Murtigading. Dandim menggunakan hand traktor di lahan yang sudah disiapkan untuk menanam padi dengan sistem tajarwo (tanam jajar legowo). Selain membajak sawah, Dandim juga melakukan pengecekan pada persemain padi dengan sistem dapok. 

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Sanden, Drs. Fatoni, mantri tani dan PPL di Kecamatan Sanden dan angota Kodum 0279 Bantul.

"Varietas yang ditanam pada lahan tersebut adalah varietas situ bagendit. Ditanam dengansistem tajarwo yang ternyata memang bisa menghasilkan padi lebih banyak," katan mantri tani Kecamatan Sanden, Gunawan.

Tajarwo adalah metode tanam padi yang sekarang mulai dipakai oleh para petani. Bedanya dengan sistem tanam konvensional, setiap tiga empat baris diberi jarak. Keuntungan sistem tajarwo antara lain lebih banyak anakan padi, penyinaran matahari kebih optimal, sirkulasi udara lancar sehingga mengurangi resiko penakit, mempermudah pemupukan, penyiangan dan perawatan juga bisa mengendalikan hama tikus.


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435