Bertani untuk memehuni kebutuhan pangan sendiri

Jumat Pahing, 23 Maret 2018 08:41 WIB ∼ 397

Foto Berita

Camat sanden Bpk Slamet Santoso.SIP dalam memberikan sambutan.
Bertani untuk memehuni kebutuhan pangan sendiri( subsitusi farming) sudah menjadi tradisi turun-temurun pada kebanyakan petani Bantul. Dengan pemilikan lahan rata-rata kurang dari 0.2 ha para petani tidak pernah memperhatikan indikator ekonomi produksi dalam usahanya seperti titik kembali modal(BEP) dan perbandingan hasil dg biaya (B/C Ratio ) akibatnya, pemborosan sumberdaya berlangsung terus-menerus dan kesejahteraan petani sulit beranjak naik. Dengan penerapan Coporate farming, atau bertani secara berjama,ah dalam seluruh prosesnya dg prinsib efisiensi dan penerapan teknologi.
Langkah pertama; adalah mengkonsolidasikan lahan dengan cara membedah galengan agar diperoleh skala ke ekonomian lahan produksi dari semula 124 petak menjadi 22 petak dg luasan 7,5 ha tujuannya antara lain agar bisa digerakan alat-alat modern seperti Rice transplenter(mesin tanam) dan Combine harverter (mesin panen,)  yg mensyaratkan luasan tertetu agar dapat bergerak dg efektif dan cepat.
Penggunakan mesin-mesin modern tersebut sekaligus menjawab  problem kelangkaan buruh tandur dan buruh panen kini semakin sulit didapat.mbok tumiyem dan wagirah mereka sudah tua bahkan sebagian sudah meninggal, sementara tenaga muda sekarang makin jauh dari dunia pertanian.
Bisa dibayangkan orang-orang muda sekarang semisal ferderika, yulilestari, indah jelita, sedang nandur pari disawah  , nama-nama itu nampaknya lebih sesuai bekerja disektor sekunder (manufaktur, industri atau sektor tersier( hotel, perbankan dan jasa) bukan sektor primer( pertanian, peternakan, perikanan) lebih2 yg convensional.
Dengan modernisasi pertanian semoga generasi muda kembali tertarik untuk bercocok tanam disawah dan ladang karena sektor ini menjadi keren dan menguntungkan.
"AKU BANGGA JADI PETANI"
"RA NENG SAWAH RA GAUL"
"AYO NANDUR NAMBAH SEDULUR"#yulianto


Puskesmas
di Kecamatan Sanden

Puskesmas Sanden

Puskesmas Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 6464295, 7466886

Komando Rayon Militer Sanden

Koramil / Komando Rayon Militer Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul

Kepolisian Sektor Sanden

Polsek / Kepolisian Sektor Sanden

Jl. Kalimundu Km 1.5 Sanden, Bantul
(0274) 7101510

Kantor Urusan Agama Sanden

KUA / Kantor Urusan Agama Sanden

Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul
(0274) 7491435